PERPUSDES SUKAJAYA

PROFIL PERPUSDES SUKAJAYA

Latar belakang dibangunnya sebuah Perpustakaan Desa Sukajaya berawal dari keprihatinan melihat kesulitan anak sekolah baik TK, SD, SMP maupun SMA  dan warga masyarakat untuk memperoleh buku & berbagai literatur karena keterbatasan ekonomi pada warga masyarakat. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh tani dan Peternak.  Selain itu di daerah tersebut tidak ada tempat membaca masyarakat atau perpustakaan yang dapat mendukung para pelajar untuk mendapatkan buku karena mereka jarang membeli buku oleh sebab keterbatasan biaya sekolah. Perpustakaan Desa Sukajaya ini dibangun di lingkungan kantor Desa Sukajaya dengan proses pembangunannya hasil dari Pemerintahan Desa Sukajaya dengan luas bangunan 6 meter ke 3 meter. Perpusdes Sukajaya yang didirikan tanggal 14 Juni 2012, diresmikan oleh Kepala Desa Sukajaya Bapak Asep Cahya Wijaya, BE.

Perpusdes Sukajaya juga mempunyai peran penting guna membantu memberantas buta aksara, meningkatkan sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam instruksi presiden Nomor 5 tahun 2006, tertanggal 9 Juni 2006 tentang Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara. Dengan landasan berupa Inpres ini berarti pemerintah telah menetapkan kebijakan penuntasan buta aksara sebagai salah satu prioritas pembangunan pendidikan.

Sebagai legalitas dan dasar operasional Perpusdes Sukajaya yang kami kelola, hanya mempunyai rekomendasi keterangan Kepala Desa Sukajaya.  Pada prinsipnya Perpusdes Sukajaya ini dapat di manfaatkan oleh masyarakat Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Perpusdes Sukajaya ini masih mempunyai keterbatasan dan sangat minim sekali baik dalam hal prasarana maupun sarana bahan bacaan masyarakat sebagai referensi. Koleksi buku sebagian besar buku-buku bekas yang masih layak untuk dibaca hasil bantuan dan sumbangan warga masyarakat peduli pendidikan. Sehubungan dengan keperluan buku semakin meningkat, kami mengetuk hati para kolektor buku, dermawan, donatur, penerbit dan kepada siapa saja yang peduli dengan Perpustakaan Desa Sukajaya untuk berpartisipasi menyumbangkan buku atau sarana & prasarana ke Perpusdes Sukajaya di Desa Sukajaya. Dengan berdirinya Perpusdes Sukajaya  yang bergerak secara sosial serta gratis  ini kami ikut membantu dalam pelayanan masyarakat di bidang pendidikan melalui media buku. Sehingga seluruh warga masyarakat dapat mengakses bila membutuhkannya.

Harapan kami dengan adanya Perpusdes Sukajaya ini masyarakat dapat meningkat pengetahuannya dan terbuka wawasannya karena perpustakaan itu adalah jendela dunia.

 

PROFIL LEMBAGA

Nama Lembaga : PERPUSDES SUKAJAYA
Legalitas : Rekomendasi Keterangan Kepala Desa Sukajaya Kec. Lembang Kab. Bandung Barat
Visi : Mencerdaskan masyarakat
Misi :

:

:

Ø  Mewujudkan masyarakat gemar membaca

Ø  Menambah wawasan pengetahuan masyarakat melalui PKK

Ø  Membantu masyarakat dalam memenuhi referensi buku

Alamat Lembaga : Jalan Kolonel Masturi No. 71 RT 01 RW 04 Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.
E-mail : perpustakaandesasukajaya@gmail.com
Telp/HP :
Susunan organisasi
a.  Ketua : Koswara Yahya Wijaya
b.  Sekretaris : Nita Muslimah, S.Pd
c.   Bendahara : Matiyasty Pancalowati, Amd.Keb
d.  Bid. Pengelola dan Bahan Pustaka : Robi Samsudin, S.Ag
Osa Sapari
Windra Sukma Wijaya, SE
e.   Bid. Pelayanan : Ani Merdiani
f.    Bid. Dokumentasi : Hendra Komara Sakti, S.Pd
Facebook Comments