Rapat Rutin Bulanan PKK Desa Sukajaya – Lembang

IMG-20190131-WA0020[1]
IMG-20190131-WA0010
IMG-20190131-WA0019
IMG-20190131-WA0017
IMG-20190131-WA0016
IMG-20190131-WA0011
Pada hari kamis, tanggal 31 Januari 2019 pukul 10.00 WIB, ibu – ibu PKK Desa Sukajaya mengadakan kegiatan rapat rutin bulanan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan kader PKK yang berjumlah 35 orang. Selain melaksanakan kegiatan rapat rutin bulanan PKK, pada pertemuan tersebut sekaligus diadakan musyawarah para ketua Sub yang merupakan perwakilan dari setiap RW di Wilayah Desa Sukajaya Kecamatan Lembang. Kegiatan rapat rutin bulanan tersebut dihadiri juga oleh Ibu Hanny sebagai Bidan Desa di Desa Sukajaya.

Sebelum rapat rutin di mulai diadakan dulu kelas kecantikan (beauty class) dari salah satu produk kosmetika terkenal di Indonesia, semua ibu – ibu kader belajar bagaimana caranya menggunakan kosmetika yang baik dan benar, sehingga menghasilkan riasan yang tampak alami namun elegan.

Setelah kelas kecantikan selesai, kegiatan rapat rutin bulanan ini dilanjutkan dengan mendengarkan pembekalan yang disampaikan oleh ketua PKK ibu Matiyasti Pancalowati kepada semua kader PKK. Dalam uraiannya Ketua PKK Desa Sukajaya tersebut menyampaikan pentingnya untuk menyamakan persepsi dari setiap kader. Selain itu, dengan adanya regenerasi kader – kader PKK diharapkan akan dapat meningkatkan kinerja secara lebih sinergis dan totalitas dalam melayani semua kalangan masyarakat. Pada akhir uraiannya, ibu Ketua PKK Desa Sukajaya tersebut, mengharapkan pada setiap pengurus pokja ataupun para kader untuk lebih militansi dalam melaksanakan tugsas – tugasnya.

Setelah menyimak uraian dari Ibu ketua PKK Desa Sukajaya, agenda rapat selanjtunya adalah membahas tentang peran dan fungsi KPM (Kader Pembangunan Manusia) agar lebih aktif dalam menangani berbagai masalah muncul di masyarakat. Salah satu contohnya adalah dalam penanganan kekurangan gizi kronis (stunting) yang sudah dijadikan agenda nasional, dimana semua pihak harus terlibat. Dengan adanya KPM ini, pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk penangan stunting agar dapat dilaksanakan di desa dengan akses yang mudah.

Prioritas utama dari penanganan stunting adalah kelompok ibu melahirkan pada 1000  Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kelompok ini perlu dipastikan dapat mengakses 5 (lima) layanan utama stunting , yaitu :

  1. Kesehatan Ibu dan Anak
  2. Konseling Kesehatan dan Gizi
  3. Air Bersih dan Sanitasi Yang Baik
  4. Jaminan Sosial / Kesehatan
  5. Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD)

Setelah pembahasan Stunting selesai, dilanjutkan pada pembahasan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Kegiatan PSN perlu terus disosialisasikan serta terus ditingkatkan kegiatan bersih lingkungan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan. Dengan adanya optimalisasi kegiatan PSN ini diharapkan masyarakat bisa terhindar dari wabah DBD.

Melalui kegiatan PSN disarankan ada gerakan serentak  dengan mengadakan kerja bakti Pemberantasan Sarang Nyamuk dirumah masing – masing dan lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah membersihkan tempat penampungan air, dimana air yang tergenang tidak berhubungan langsung dengan tanah, seperti bak kamar mandi, air jebakan semut (kaki meja), air pembuangan kulkas, tempat minum burung, pot bunga, dan barang bekas yang bisa menampung air. Setelah melakukan kegiatan PSN, warga masyarakat harus memastikan tidak ada jentik di sekitar rumahnya.

Pertemuan rutin bulanan kader PKK desa Sukajaya diakhiri dengan pembahasan mengenai pemberian vitamin A yang akan dilaksanakan bulan februari ke setiap ketua sub sesuai dengan jumlah sasaran yang ada di RW masing – masing.

Facebook Comments