Pelatihan Pemantauan dan Penyalahgunaan Narkotika dan zat Adiktif

Sukajaya – Hingga saat ini, pemakaian dan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan setiap tahunnya, jumlah pecandu narkoba di kalangan anak muda di Indonesia terus bertambah. Menyikapi hal ini Pemerintah Desa Sukajaya melakukan sebuah kegiatan Pelatihan Pemantauan dan Penyalahgunaan Narkotika dan zat Adiktif dengan peserta dari Pemuda Karang Taruna, Tokoh Agama, tokoh masyarakat maupun masyarakat umum.

Mengenal Apa Itu Narkoba

Narkoba (narkotika dan obat-obatan berbahaya) biasanya juga disebut Napza (Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif).

Narkotika adalah Zat/obat yg berasal dari tanaman atau bukan tanaman (sintetis maupun semi sintetis) yang menyebabkan penurunan/perobahan kesadaran, hilangnya rasa dan juga rasa sakit serta dapat menimbulkan ketergantungan. Dan Psikotropika yaitu Zat/obat baik alamiah maupun sintetis (bukan narkotika), yang mempengaruhi syaraf pusat menyebabkan perobahan pada aktivitas mental dan perilaku.

Sedangkan Zat adiktif yaitu yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman (sentetis maupun semi sintetis) yang menyebabkan ketergantungan dan menurunkan susunan syaraf pusat.

Berbagai jenis Narkotika di antaranya, yaitu Opioid (Opiad), Kokain, Kanabis/ganja/hemp/chasra/cimenk, heroin/putouw, metadon, morfin, barbiturat, dls. Sedangkan Psikotropika biasanya berjenis ; Sabu–sabu, sedatif/hipnotik, ekstasi, nipam, speed, demoral, angel dust, dll.

Selain itu Zat Adiktif lainnya yang berjenis antara lain; alkohol, nikotin, kafein, zat desainer (speed ball,pace pill, cristal, angel dustrocket fuel), disamping masih terdapat zat-zat sejenis lainnya yang sangat membahayakan, dan dapat menimbulkan kecanduan/ketergantungan.

Upaya Pencegahan

Dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba ini, diharapkan peran serta masyarakat, terutama para tokoh masyarakat yang harus tampil sebagai aktor utamadalam menggerakan masyarakat . Para tokoh masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kelangsungan program pencegahan penyalahgunaan narkoba ini,mereka juga harus merangkul semua elemen masyarakat mulai dari orang tua, anak-anak,remaja, sekolah hingga organisasi sosial masyarakat supaya program tersebut dalam dilaksanakan sepenuhnya oleh semua anggota masyarakat. Agar para tokoh masyarakat ini tampil sebagai aktor utama dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba ini, diharapkan mereka dapat melakukan hal berikut ini:

  1. Memahami masalah penyalahgunaan narkoba, upaya pencegahan dan penanggulangannya di masyarakat.
  2. Mengamati bagaimana kondisi dan situasi lingkungan masayarakat sekitar.
  3. Menggalang potensi masyarakat yang nantinya dapat ikut membantu pelaksanaan pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, terutamaorang tua, para remaja sekolah, organisasi sosial dan kelompok kegiatan masyarakatdalam lingkungan sekitar.
  4. Memberikan arahan yang benar, menyemangati tanpa lelah dan mengendalikan gerakan masyarakat tersebut agar tidak keluar dari batas yang sudah ditetapkan bersama

Itulah yang dilakukan Desa Sukajaya dalam memerangi Narkoba, agar masyarakat Desa Sukajaya terhindar dari bahaya Narkoba dengan bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat  dan para stakeholder, dengan menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional dan Kepolisian diharapkan masyarakat menyadari dan memahami bahaya Narkoba serta dapat melakukan pencegahan sebelum hal itu terjadi.

 

bnn
bnn2
bnn3
Facebook Comments