Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani

Sukajaya 17/12/18 – Mayoritas penduduk Kecamatan Lembang Desa Sukajaya khususnya adalah petani, namun dengan semakin berkembangnya kemajuan zaman dan lahan yang semakin menyempit dikarenakan lahan untuk pemukiman semakin meningkat, maka perlu adanya alternatif untuk petani agar tetap bisa memproduksi hasil pertanian baik sayuran maupun bunga namun tanpa memerlukan lahan yang luas.

Pelatihan yang di fasilitasi oleh Desa Sukajaya ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terhadap warganya agar tetap dapat melakukan aktivitas pertanian maupun warga lainnya yang bukan petani agart dapat membuat lahan pertanian di lingkungan mereka tentu saja tanpa memerluikan lahan yang luas.

Jawaban dari itu semua adalah dengan  tehnik Hidroponik yaitu budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Dengan menanam memakai cara hidroponik, maka hasil panen akan lebih cepat. Namun juga harus memperhatikan aspek lain yaitu; ketepatan dalam pemberian nutrisi, intensitas cahaya, dan juga suhu di sekitar tanaman tumbuh.

Berikut adalah kelebihan bertani dengan tehnik Hidroponik

 

#1 Lebih Hemat
Bertanam hidroponik terbukti hemat dibandingkan dengan menanam konvensional di atas tanah.

Hal ini dikarenakan tidak perlu menyiramkan air setiap hari. Larutan nutrisi atau media larutan mineral yang dipergunakan sudah tertampung di dalam wadah yang dipakai, sehingga kita tinggal melakukan pengontrolan saja.

#2 Memaksimalkan Lahan Terbatas
Bertanam hidroponik dapat memaksimalkan lahan terbatas karena tidak membutuhkan lahan yang banyak. Bahkan, media tanaman bisa dibuat secara bertingkat.

#3 Ramah Lingkungan
Bertanam hidroponik terbukti ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida atau obat hama yang dapat merusak tanah. Hidroponik hanya menggunakan air hanya 1/20 dari tanaman biasa, dan mengurangi CO2 karena tidak perlu menggunakan kendaraan atau mesin.

#4 Tidak Merusak Tanah
Tanaman hidroponik tidak merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas.

#5 Hasil Bisa Dimakan Keseluruhan
Hasil tanaman hidroponik bisa dimakan secara keseluruhan termasuk akar karena terbebas dari kotoran dan hama.

#6 Memeriksa Akar Tanaman
Bisa memeriksa akar tanaman dengan jelas secara periodik untuk mengontrol pertumbuhannya

#7 Pertumbuhan Lebih Cepat
Pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas hasil tanaman dapat terkontrol

#8 Tidak Bergantung Pada Musim
Untuk menanam hidroponik tidak perlu bergantung pada musim. Hal ini dikarenakan tanaman hidroponik dapat ditanam kapan saja sesuai dengan perencanaan kita.

#9 Menghemat Pemakaian Pupuk
Menanam hidroponik bisa mengurangi/menghemat pemakaian pupuk. Dengan adanya media berupa mineral, maka tidak perlu lagi pupuk yang berlebihan.

#10 Tidak Memerlukan Banyak Tenaga
Bertanam hidroponik tidak perlu banyak tenaga untuk mengerjakannya.