Pelatihan Pengelolaan Zakat Desa Sukajaya Lembang

Sukajaya – Senin 17/12/2018 Zakat (Bahasa Arab: زكاة transliterasi: Zakah) dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya). Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam. Zakat merupakan rukun ketiga dari rukun Islam.

Menurut kebahasaan, definisi awal zakat artinya adalah “tumbuh”, “suci”, dan “berkah”. Adapun secara makna, ia berarti nama atau sebutan dari sesuatu hak Allah Ta’ala yang dikeluarkan kepada fakir miskin. Itu dinyatakan oleh Sayid Sabiq. Menurut Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999, disebutkan bahwasanya zakat merupakan harta yang wajib disisihkan oleh orang Muslim sesuai dengan ketentuan agama untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sumber wikipedia

Masyarakat umumnya hanya mengenal Zakat Fitrah yaitu zakat yang dikeluarkan setahun sekali saat bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri, oleh karena itu pemerintahan Desa Sukajaya menginisiasi diadakannya pelatihan atau program zakat Maal, dalam rangka upaya meningkatkan masyarakat muslim khususnya untuk menjalankan salah satu syariat Islam yaitu zakat Maal untuk memberdayakan ekonomi umat.

Dihadiri oleh Kepala Desa, MUI, BPD, LPMD, RT dan RW, Tokoh Agama serta tokoh Masyarakat acara ini diharapkan timbul kesadaran masyarakat akan pentingnya Zakat Maal yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk umat.  Dalam acara ini dibahas bagaimana manejemen pengelolaan zakat yang akan di kelola oleh Amilin yaitu oleh semua unsur baik pemerintahan, lembaga Desa maupun tokoh masyarakat dan tokoh agama. Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan ini  pengelola ZIS (Zakat Infak dan Sodaqoh) Kecamatan Lembang K.H Syaiful Hakim dan MUI Desa Sukajaya. Diakhir Peserta mulai memahami dan menyadari arti penting Zakat Maal sebaai sebuah kewajiban dari setiap Muslim serta manfaat untuk setiap lapisan masyarakat baik muzaki maupun mustahiq.

[su_carousel source=”media: 447,448,449,450,451,452,453″ title=”no”]