Satpol PP Kabupaten Bandung Barat, Satlinmas dan Panwaslu Kecamatan Lembang Turun Ke jalan

Menjelang Pemilu 2019, tentu saja kita akan menjadi mafhum jika hampir di setiap sudut jalan kita akan menemukan alat peraga kampanye/bahan kampanye seperti baligo, banner, pamphlet, selebaran dan sejenisnya, namun tentu saja tiap bentuk kampanye harus lah mematuhi ketentuan-kententuan yang berlaku, Ketentuan tersebut diatur dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu.

Ukuran masing masing bahan kampanye, selebaran ukuran maksimal adalah 8,25 cm x 21 cm. Sementara ukuran maksimal pamflet adalah 21 cm x 29,7 cm, poster 40 cm x 60 cm, dan ukuran maksimal stiker 10 cm x 5 cm. Kemudian, ukuran maksimal brosur dalam posisi terbuka adalah 21 cm x 29,7 cm, dan dalam posisi terlipat yaitu 21 cm x 10 cm, ukuran maksimal brosur dalam posisi terbuka adalah 21 cm x 29,7 cm, dan dalam posisi terlipat yaitu 21 cm x 10 cm.

Sedangkan dalam pemasangan Bahan kampanye dilarang untuk ditempelkan atau dipasang di rumah ibadah termasuk halamannya, rumah sakit, tempat pelayanan kesehatan, fasilitas pemerintah dan lembaga pendidikan. Lalu, jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik dan taman serta pepohonan juga menjadi tempat terlarang untuk menempel bahan kampanye tersebut.

Selain aturan dalam ukuran dan tempat, diatur pula bahwa bahan kampanye tersebut harus sesuai desain. Artinya, bahan itu setidaknya memuat visi dan misi, serta tidak memuat materi yang dilarang serta menggunakan bahan cetak yang dapat di daur ulang.

Tak kurang dari 40 Personil dari unsur Satpol PP Kabupaten Bandung Barat bersama Panwaslu Kecamatan Lembang dan Satlinmas, tak kurang dari 40 personel dari Unsur Satpol PP kabupaten Bandung Barat, Satlinmas serta Panwaslu Kecamatan Lembang turun ke Lapangan untuk melakukan penertiban Alat Kampanye yang terindikasi terdapat pelanggaran.

“ Dalam penertiban ini Satpol PP dan Satlinmas bertindak sebagai eksekutor sedangkan Panwaslu Kecamatan bertugas untuk mengidentifikasi pelanggaran” Ungkap salah satu personel Satpol PP yang ditemui redaksi
“yang ditertibkan adalah alat kampanye PilPres maupun Pileg, penertiban sendiri telah dilakukan sejak 26 Nopember lalu dan hari ini khusus di Kecamatan Lembang” Tambahnya

Sebelum melakukan penertiban Semua ketiga unsur ini melakukan apel di halaman Desa Sukajaya yang dipimpin oleh Asep Insan Kamil sebagai pelaksana dari Satpol PP Kabupaten Bandung Barat.