Bunda Literasi Desa Sukajaya, ajak pengunjung Perpusdes belajar baca

Secara singkat Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat membaca dan menulis, sedangkan menurut National Institute of literacy (NIFL) Literasi adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.

Di Jawa Barat dikenal sebuah program bernama West Java Leader’s Reading Challenge (WJLRC) sebuah tantangan membaca yang diadopsi dan dikembangkan oleh forum komunitas alumni teacher development dari program Premier’s Reading Challenge (PRC) di Australia Selatan. Program ini mewajibkan siswa membaca minimal 12 buku dalam 10 bulan, untuk kemudian menulis review [ulasan] dan menceritakan kembali isi buku setelah siswa sebelumnya diwajibkan untuk siswa membaca minimal 12 buku dalam 10 bulan. Program (WJLRC) sendiri di fasilitasi oleh Pemprov Jawa Barat pada tahun 2016.

Bunda Literasi Desa Sukajaya Matiyasty Pancalowati Amd.Keb dengan semangat yang sama terus berjuang mensukseskan program ini melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan secara rutin di Perpustakaan Desa Sukajaya, yang berlokasi di komplek pemerintahan Desa Sukajaya Jalan Kolonel Masturi 71. Para pengunjung yang rata-rata adalah siswa TK dan SD diajak bermain sambil belajar dengan permainan Edukatif seperti Congklak, susun balok, puzzle dan lain-lain.

[su_slider source=”media: 360,361,362,363″ height=”600″ title=”no” pages=”no”]